• Forum has been upgraded, all links, images, etc are as they were. Please see Official Announcements for more information

Pengertian Adalah

Pantun yaitu variasi karya sastra milik bangsa Indonesia yang unik sebagai wujud betapa kayanya negara ini pada bidang sastra untuk menyampaikan pantun sesuatu yang jenaka, romantis, cinta dan sebagainya. Contoh pantun banyak kita temui di buku pembelajaran sekolah, buku-buku sastra, dunia maya dan lain-lain.

Pantun ini masuk dalam kelompok puisi lama yang sebenarnya tiap-tiap daerah mempunyai karya sejenis pantun tetapi namanya berbeda-beda. Contohnya yaitu parikan yang berkembang pada masyarakat suku jawa dan pantun ini cenderung berkembang pada masyarakat melayu.

Pola bahasa pada parikan jawa yaitu sama dengan pantun ini tetapi memakai bahasa jawa. Kecuali parikan yang berkembang di jawa ada pula paparikan untuk masyarakat sunda dan ada juga karya sejenis ini pada daerah batak yang disebut dengan umpasa.

Ciri-ciri Pantun
Contoh pantun dan ciri-cirinya

Kita akan gampang untuk mengenali pantun ini karena mempunyai ciri-ciri yang melekat pada pola bahasa yang diaplikasikannya. Pantun bisa untuk menyampaikan suatu pengarahan, sindiran, pendidikan, sesuatu yang lucu atau jenaka dan sebagainya dengan bahasa yang unik.

Ada banyak ciri-ciri yang melekat pada pantun ini dan juga dihasilkan sebagai patokan atau rumus dalam membuat pantun. Ciri-ciri yang ada pantun ini yaitu seperti yang ada di bawah ini:

Terdiri dari 4 baris dalam tiap-tiap baitnya
Dalam tiap-tiap barisnya terdiri dari 8 hingga 12 suku kata
Baris 1 dan 2 disebut Sampiran dan baris 3 dan 4 disebut dengan Isi
Memiliki melodi bunyi di tiap-tiap akhir kata pada tiap-tiap barisnya yang disebut dengan Rima
Formasi rima yang dimiliki pantun yaitu a-a-a-a dan a-b-a-b
Birthday
Nov 10, 1995 (Age: 28)
Website
https://www.fappin.com

Trophies

  1. 1

    First message

    Post a message somewhere on the site to receive this.
Back
Top